
SMPN 1 PADAHERANG
Berdasarkan analisis konteks yang dilakukan, SMP Negeri 1 Padaherang sebagai satuan pendidikan yang diminati mayoritas penduduk sekitar, dengan potensi wilayah/letak yang strategis memiliki beberapa kekuatan diantaranya: 1) input peserta didik mayoritas berasal dari keluarga yang peduli terhadap kepentingan pendidikan; 2) lingkungan yang strategis yang memudahkan sekolah untuk melakukan koordinasi dan komunikasi; 3) sarana pendukung layanan proses pembelajaran yang memadai dan 4) letak sekolah sangat strategis karena akses yang mudah.
Selain mempunyai kekuatan/kelebihan tersebut, SMP Negeri 1 Padaherang juga mempunyai beberapa kelemahan yaitu: 1) sarana pendukung untuk pengembangan potensi/skill yang terbatas (tidak memiliki lapangan olahraga yang sesuai standar SNP) dan 2) perpustakaan yang kurang representatif. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi semangat warga sekolah dalam belajar.
Berdasarkan latar belakang yang telah diurakan sebelumnya sebagian besar masyarakat di lingkungan SMP Negeri 1 Padaherang berprofesi sebagai petani, sebagian kecil adalah wiraswasta, pegawai pemerintah dan swasta. Kondisi sekolah yang terletak di daerah pesawahan dan memiliki sumber daya alam terutama di bidang pertanian mendukung profil pelajar yang memiliki potensi kreasi ide dan keterampilan untuk mewujudkan daerahnya menjadi destinasi wisata dan wirausaha.
Untuk memberikan layanan kebutuhan dan tuntutan masa depan peserta didik agar menjadi insan yang memiliki kemampuan daya saing di era generasi 4.0, dengan tetap menjunjung tinggi nilai luhur bangsa yang tersirat dalam sila-sila Pancasila serta mengembangkan cinta budaya daerah dan bangsa, maka SMP Negeri 1 Padaherang menyusun Kurikulum Operasional sesuai dengan karakteristik peserta didik dan budaya lokal daerah setempat. Kurikulum disusun berdasar analisa lingkungan di sekolah maupun lingkungan sekitar oleh tim pengembang kurikulum dibantu seluruh warga sekolah agar dieroleh Kurikulum Operasional yang benar-benar mewadai seluruh aspirasi warga sekolah dan bermanfaat bagi warga sekolah dan masyarakat.
Peserta didik SMP Negeri 1 Padaherang diharapkan mempunyai life skill yang berguna dan mampu mengaplikasikannya dalam masyarakat dan dunia ]endidikan. Sehingga harapan dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk membangun SDM yang mandiri, berkualitas dan berdaya saing akan terwujud. Salah satu upaya untuk mencapai harapan tersebut dilakukan melalui kreasi budaya literasi pada peserta didik. Sehingga peserta didik mampu menghasilnya salah satu karya yang mencerminkan profil pelajar Pancasila yang mampu bernalar kritis dan berkebhinekaan global. Capaian pembelajaran yang diharapkan adalah terciptanya profil pelajar yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhak mulia, yang mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong dan berkebhinekaan global.
Secara yuridis, Kurikulum SMP Negeri 1 Padaherang disusun dengan mengacu pada peraturan perundangan terkait pendidikan yang berlaku baik itu dari pusat ataupun dari daerah. Adapun secara pedagogis, kurikulum SMP Negeri 1 Padaherang mengacu pada kemampuan guru sebagai tenaga profesional dalam pembelajaran dan penilaian. Peningkatan profesionalisme guru, dilakukan dalam bentuk pelatihan bersifat praktik secara berkesinambungan. Hal tersebut merupakan komitmen untuk menjadi profesional dalam layanan pada peserta didik.
Hal lain, dilihat dari perspektif pedagogis, yang dijadikan pertimbangan adalah Undang-Undang Guru dan Dosen yang menyebutkan bahwa guru memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat. Dari landasan pedagogis dalam konteks merdeka belajar, proses belajar di SMP Negeri 1 Padaherang berorientasi pada peserta didik dan bentuknya beragam, Pembelajaran sebagai aktivitas tim yang bersifat kolaboratif. Pembelajaran di SMP Negeri 1 Padaherang yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila secara umum bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang yang bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong dan kreatif, inovatif yang mampu mengrekasikan ide/gagasan berdasarkan kekhasan daerah yang tetap berakar pada budaya bangsa.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
INFORMASI KELULUSAN
Bagi para siswa tingkat akhir, kelulusan menjadi hal yang cukup dinanti-nantikan karena menjadi penanda bahwa mereka telah menyelesaikan proses pembelajaran pada tingkat pendidikan tert
Sample Post 3
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco l
Sample Post 4
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco l
Sample Post 5
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco l